Kamis, 25 April 2013

Akuntansi Internasional


TUGAS SOFTSKILL

8.3       Kantor Akuntan Global
            Profesi audit ditengarai oleh sejumlah kecil kantor akuntan publik yang sangat besar yang mengaudit sebagian besar perusahaan-perusahaan besar di dunia. Empat kantor akuntan yang sangat besar, yang disebut The Big Four, mereka adalah :
·         Deloitte
·         Earnst & Young
·         PrincewaterhouseCoopers
·         KPMG

The Big Four ini mengaudit 97% dari semua perusahaan publik di AS, lebih dari 80% perusahaan publik di Jepang, 2/3 perusahaan publik di Kanada, 100 perusahaan publik terbesar di Inggris, dan pada tahun 2003 mereka menguasai lebih dari 70% pendapatan pasar audit Eropa. Belakangan ini, skandal-skandal Enron, WorldCorn, dan perusahaan-perusahaan besar lainnya secara dramatis menimbulkan perubahan dalam profesi akuntansi dan dampaknya sangat dirasakan oleh kantor-kantor akuntan internasional yang besar.
Peristiwa tahun 2002 tersebut berdampak besar terhadap profesi audit internasional. Sebagai contoh, pada tahun 2005, sebuah toko elektronik raksasa Best Buy, memecat Ernst & Young karena adanya konflik kepentingan. Ini mengakibatkan Best Buy hanya tinggal mempunyai tiga kantor akuntan internasional yang besar yang dapat dipilih yang mampu untuk melaksanakan audit tahunannya, ketika Best Buy memilih satu auditor baru, maka hanya tinggal terdapat dua kantor akuntan yang dapat dipilih untuk memberikan semua jasa nonaudit yang dibutuhkannya.



8.4       Strategi Kantor Akuntan Global
            Kantor akuntan yang mengubah diri dari auditor kecil atau menengah menjadi auditor yang lebih internasional mempunyai beberapa alasan untuk tindakannya tersebut, yaitu :
1.      Kebutuhan untuk merefleksi ukuran bisnis luar negerinya yang semakin meningkat.
2.      Kebutuhan untuk mempunyai sebuah kantor yang mengaudit semua perusahaan dalam kelompok tersebut.

Salah satu alasan pokok dilakukannya merger adalah semakin meningkatnya globalisasi bisnis. Kantor audit yang besar semakin menjadi kantor audit multinasional yang mempunyai kontrol dan fokus global yang kuat dan bukan hanya aliansi longgar dari para pemberi jasa yang terkait.
Merger antar kantor audit memungkinkan kantor-kantor tersebut untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih kuat di pasar-pasar yang sedang berkembang, yang berarti semakin memperkuat presensi kantor-kantor tersebut di pasar industri. Tetapi, di samping itu, dengan semakin kuatnya pangsa pasar, akan semakin memampukan kantor-kantor tersebut dalam meningkatkan harga jual jasa mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar