TUGAS SOFTSKILL
8.3 Kantor Akuntan Global
Profesi audit ditengarai oleh
sejumlah kecil kantor akuntan publik yang sangat besar yang mengaudit sebagian
besar perusahaan-perusahaan besar di dunia. Empat kantor akuntan yang sangat
besar, yang disebut The Big Four, mereka adalah :
·
Deloitte
·
Earnst & Young
·
PrincewaterhouseCoopers
·
KPMG
The
Big Four ini mengaudit 97% dari semua perusahaan publik di AS, lebih dari 80%
perusahaan publik di Jepang, 2/3 perusahaan publik di Kanada, 100 perusahaan
publik terbesar di Inggris, dan pada tahun 2003 mereka menguasai lebih dari 70%
pendapatan pasar audit Eropa. Belakangan ini, skandal-skandal Enron, WorldCorn,
dan perusahaan-perusahaan besar lainnya secara dramatis menimbulkan perubahan
dalam profesi akuntansi dan dampaknya sangat dirasakan oleh kantor-kantor
akuntan internasional yang besar.
Peristiwa
tahun 2002 tersebut berdampak besar terhadap profesi audit internasional.
Sebagai contoh, pada tahun 2005, sebuah toko elektronik raksasa Best Buy,
memecat Ernst & Young karena adanya konflik kepentingan. Ini mengakibatkan
Best Buy hanya tinggal mempunyai tiga kantor akuntan internasional yang besar
yang dapat dipilih yang mampu untuk melaksanakan audit tahunannya, ketika Best
Buy memilih satu auditor baru, maka hanya tinggal terdapat dua kantor akuntan
yang dapat dipilih untuk memberikan semua jasa nonaudit yang dibutuhkannya.
8.4 Strategi Kantor Akuntan Global
Kantor akuntan yang mengubah diri dari auditor kecil atau
menengah menjadi auditor yang lebih internasional mempunyai beberapa alasan
untuk tindakannya tersebut, yaitu :
1. Kebutuhan
untuk merefleksi ukuran bisnis luar negerinya yang semakin meningkat.
2. Kebutuhan
untuk mempunyai sebuah kantor yang mengaudit semua perusahaan dalam kelompok
tersebut.
Salah
satu alasan pokok dilakukannya merger adalah semakin meningkatnya globalisasi
bisnis. Kantor audit yang besar semakin menjadi kantor audit multinasional yang
mempunyai kontrol dan fokus global yang kuat dan bukan hanya aliansi longgar
dari para pemberi jasa yang terkait.
Merger
antar kantor audit memungkinkan kantor-kantor tersebut untuk memperoleh pangsa
pasar yang lebih kuat di pasar-pasar yang sedang berkembang, yang berarti
semakin memperkuat presensi kantor-kantor tersebut di pasar industri. Tetapi,
di samping itu, dengan semakin kuatnya pangsa pasar, akan semakin memampukan
kantor-kantor tersebut dalam meningkatkan harga jual jasa mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar